Selasa, 18 Juni 2013

Fisika Gravitasi Lengkap Contoh Soal dan Pembahasan

  • Gravitasi
Gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta. Gravitasi matahari mengakibatkan benda-benda langit berada pada orbit masing-masing dalam mengitari matahari. Fisika modern mendeskripsikan gravitasi menggunakan Teori Relativitas Umum dari Einstein, namun hukum gravitasi universal Newton yang lebih sederhana merupakan hampiran yang cukup akurat dalam kebanyakan kasus.
Sebagai contoh, bumi yang memiliki massa yang sangat besar menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar untuk menarik benda-benda di sekitarnya, termasuk makhluk hidup, dan benda-benda yang ada di bumi. Gaya gravitasi ini juga menarik benda-benda yang ada di luar angkasa, seperti bulanmeteor, dan benda angkasa lainnya, termasuk satelit buatan manusia.
Beberapa teori yang belum dapat dibuktikan menyebutkan bahwa gaya gravitasi timbul karena adanya partikel gravitron dalam setiap atom.

Mau contoh soal..? Klik yang di bawah ini..!
Contoh Soal dan Pembahasan Gaya Gravitasi Lengkap
  • Hukum Newton Tentang Gravitasi
Hukum gravitasi Newton dalam bidang fisika berarti gaya tarik untuk saling mendekat satu sama lain. Dalam bidang fisika tiap benda dengan massa m1 selalu mempunyai gaya tarik menarik dengan benda lain (dengan massa m2 ). Misalnya partikel satu dengan partikel lain selalu akan saling tarik-menarik. Contoh yang dikemukakan oleh Sir Isaac Newton dalam bidang mekanika klasik bahwa benda apapun di atas atmosfer akan ditarik oleh bumi, yang kemudian banyak dikenal sebagai fenomena benda jatuh.
Gaya tarik menarik gravitasi ini dinyatakan oleh Isaac Newton melalui tulisannya di journal Philosophiæ Naturalis Principia Mathematica pada tanggal 5 Juli 1687 dalam bentuk rumus sebagai berikut:
F = G \frac{m_1 m_2}{r^2}
di mana:
  • F adalah besarnya gaya gravitasi antara dua massa tersebut,
  • m1 adalah massa dari benda pertama
  • m2 adalah massa dari benda kedua
  • r adalah jarak antara dua massa tersebut, dan
  • g adalah percepatan gravitasi = G \frac{m_2}{r^2}
  • G adalah konstante gravitasi, G = 6.67384(80) \times 10^{-11} \ \mbox{m}^3 \ \mbox{kg}^{-1} \ \mbox{s}^{-2} = 6.67384(80) \times 10^{-11} \ {\rm N}\, {\rm (m/kg)^2}
Teori ini kemudian dikembangkan lebih jauh lagi bahwa setiap benda angkasa akan saling tarik-menarik, dan ini bisa dijelaskan mengapa bumi harus berputar mengelilingi matahari untuk mengimbangi gaya tarik-menarik gravitasi bumi-matahari. Dengan menggunakan fenomena tarik menarik gravitasi ini juga, meteor yang mendekat ke bumi dalam perjalanannya di ruang angkasa akan tertarik jatuh ke bumi.

Sumber. http://id.wikipedia.org/wiki/Gravitasi

Fakta Ilmiah
        Isaac Newton memperkenalkan teori gravitasinya pada tahun 1687 dan menyatakan bahwa setiap partikel di alam semesta saling menarik satu sama lain dengan gaya yang besarnya sama dengan perkalian dari kedua masa partikel dibagi dengan kuadrat jarak antara keduanya. Jika massa salah satu atau kedua partikel naik maka gaya tarik antara keduanya juga akan membesar. Jika jarak antara kedua partikel tersebut bertambah maka gaya tarik antara keduanya berkurang sebesar kuadrat jarak dari keduanya. Dalam artian, Jika menggandakan jarak antara kedua partikel sebesar dua kali semuala akan membuat gaya tarik antara keduanya menjadi seperempat kali gaya semula.
        Karena semua hukum Newton mempengaruhi semua benda-benda diseluruh alam semesta, dari setetes air hujan di langit sampai semua planet di sistem tata surya maka hukum gravitasi Newton disebut sebagai Hukum Gravitasi Universal.

Tidak ada komentar: